Cara Membuat Website Desa Dengan OpenSID

oleh | Jul 28, 2018 | Tutorial Website | 0 Komentar

Panduan lengkap cara membuat website desa dengan opensid. SID merupakan singkatan dari System Informasi Desa, OpenSID adalah sebuah aplikasi sumber terbuka yang khusus dikembangkan oleh komunitas peduli SID yang diharapkan dapat membantu pemerintah desa.
Seiring perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat, cara-cara manual terkait pengolahan database informasi mulai ditinggalkan. Pemerintah desa saat ini dituntut untuk bisa menyediakan informasi yang bisa diakses oleh setiap masyarakat tanpa harus datang kekantor desa. Media seperti website, dan sosial media merupakan sarana yang cukup efektif untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Terdapat sebuah komunitas yang peduli akan ketersedian System Informasi desa, mereka mengembangkan sebuah aplikasi berbasis komputer yang bisa diakses secara offline dan online.

Secara Offline, database informasi Desa bisa diakses menggunakan jaringan komputer lokal yang ada di kantor desa. Secara Online adalah melalui media website dengan aplikasi OpenSID yang bisa diakses dari seluruh dunia.

Hadirnya SID ini diharapkan dapat membantu 74 ribu lebih desa yang ada di Indonesia untuk meningkatkan layanan pemerintah desa dalam beberapa hal berikut.

  • kantor desa lebih efisien dan efektif
  • pemerintah desa lebih transparan dan akuntabel
  • layanan publik lebih baik
  • warga mendapat akses lebih baik pada informasi desa

Persiapan Membuat Web Desa Menggunakan OpenSID

Sebelum website desa online, saya pribadi sarankan untuk dikerjakan secara offline terlebih dahulu, agar proses pengerjaan bisa lebih cepat dan efesien. Berikut adalah beberapa persiapan yang perlu dipersiapkan.

  • Download Aplikasi XAMPP Server, untuk mengerjakan website secara offline di lcoalhost. Tutorial cara install XAMPP di komputer pernah saya bahas pada tulisan berikut ini: Cara Install WordPress Menggunakan XAMPP. Sebenarnya ini tutorial cara install wordpress pada mesin lokal, tapi prosesnya sama dengan install OpenSID.
  • Aplikasi OpenSID bisa di download melalui link berikut: Download OpenSID Versi Terbaru
  • Data-data desa yang akan dimasukkan kedalam website seperti Data Buku Induk Penduduk, Data Kependudukan, Pengelompokan data rumah tangga dan berabgai data lainnya.
Catatan:

Untuk contoh format data masukan nanti bisa diunduh melalui menu admin website OpenSID yang sesuai dengan PERMENDAGRI terbaru setelah website berhasil terinstall di local sever.

Pada tutorial ini, saya akan menggunakan system operasi Windows, jika Anda menggunakan system operasi Linux proses Instalasi OpenSID mungkin akan sedikit berbeda. Anda bisa menghubungi Saya via halaman kontak diwebsite ini untuk instalasi OpenSID menggunakan Linux, atau untuk pertanyaan lainnya.

Cara Membuat Website Desa Dengan OpenSID

Saya asumsikan bahwa Anda sudah berhasil menginstall XAMPP pada komputer Anda, dan sudah mendownload versi terbaru dari OpenSID. Cara membuat website desa dengan OpenSID ini saya bagi menjadi beberapa langkah untuk memudahkan pemahaman.

Langkah pertama silahkan ekstarak file OpenSID, selanjutnya rename folder hasil ekstrak dengan nama yang mudah anda ingat, misalkan nama desa atau bisa dengan nama “opensid” terserah Anda.

Langkah Kedua, silahkan copy folder opensid kedalam direktori server XAMPP yang terletak di local disk system, biasanya terletak di C:/xampp/htdocs/. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah berikut.

Langkah kedua cara membuat website desa dengan OpenSID adalah membuat database. Tapi terlebih dahulu silahkan jalankan dulu XAMPP Control Panel kemudian hidupkan service Apache (Webserver) dan Mysql (database server) dengan menekan tombol start. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah berikut.
Setelah Service Webserver dan Database Server berjalan, sekarang buka browser kemudian ketikkan alamat “http://localhost/phpmyadmin/“.

Jika tidak ada masalah maka akan terbuka halaman pengaturan database server. Langkah berikutya, silahkan buat database baru dengan nama terserah Anda, pada contoh ini saya akan gunakan nama database opensid. Untuk mebuat database pada PhpmyAdmin, perhatikan gambar dibawah berikut.

Urutan langkah membuat database di PhpmyAdmin sesuai dengan urutan nomor pada gmbar di atas. Pertama klik tombol NEW pada kolom sebelah kiri, selanjutnya pada kolom create database, isikan dengan nama database yang dibuat, contoh disini adalah “opensid”. Terakhir klik tombol create.

 

Setelah database berhasil dibuat, langkah berikutnya adalah meng-import sample databse desa (contoh_data_awal_20180628.sql) yang sudah disedikan dalam folder OpenSID. Masih pada halaman PhpMyadmin, klik pada databse yang sudah dibuat, klik pada menu import, kemudian klik tombol browse untuk memasukkan contoh_data_awal_20180628.sql yang terletak di folder C:/xampp/htdocs/opensid/ terakhir klik tombol GO untuk mulai import database. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah berikut.

Langkah Ketiga adalah mengedit configurasi database.php pada aplikasi openSID yang terletak didalam folder C:/xampp/htdocs/opensid/desa/config. Gunakan notepad atau wordpad untuk mengedit file database.php, pada contoh ini saya menggunakan notepad++ bisa download di sini: Download Notepad++

Selanjutnya masukkan nama database yang sudah kita buat pada langkah sebelumnya pada baris $db[‘default’][‘database’] = ‘opensid; Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah berikut ini.

Jika sudah, jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang sudah dibuat pada file database.php

Sampai pada tahab ini, website desa sudah bisa diakses melalui alamat http://localhost/opensid/index.php/first
Untuk login ke halaman admin melalui link berikut http://localhost/opensid/index.php/siteman/ dengan user “admin” dan password “sid304”

Proses Pengeditan Website Desa OpenSID

Untuk proses edit desain tampilan, edit data desa, dan lain sebagainya saya akan bahas pada postingan selanjutnya. Atau bisa dengan menghubungi saya via halaman kontak website ini.

Demikian tutorial cara membuat website desa dengan OpenSID. Jika ada yang masih kurang jelas jangan sungkan untuk meninggalkan pesan pada kolom komentar. Jika Anda membutuhkan jasa profesional untuk pembuatan website desa, anda juga bisa menghubungi kami sekarang, paket harga dan keterangan lebih lengkap bisa anda lihat pada halaman beirkut ini: Jasa pembuatan website Desa. Sekian dan terimakasih

Pin It on Pinterest

Share This