Cara Mengaktifkan Ads.txt Pada Blogger & WordPress

oleh | Mar 21, 2018 | Tutorial Website | 0 Komentar

Beberapa waktu lalu, saya mendapatkan peringatan dari Google Adsense bahwa penghasilan saya beresiko menurun, karna beberapa file ads.txt dari domain tidak berisi ID publisher Adsense saya.

Kurang lebih pesannya seperti ini

Earnings at risk – One or more of your ads.txt files doesn’t contain your AdSense publisher ID. Fix this now to avoid severe impact to your revenue (Penghasilan Anda berisiko – Satu atau beberapa file ads.txt Anda tidak berisi ID penayang AdSense. Perbaiki masalah ini sekarang juga untuk menghindari dampak yang serius pada pendapatan Anda.)

Solusinya, saya diminta untuk mengupload file ads.txt kedalam root domain yang bermasalah. Jika saya menggunakan hosting sendiri, tentu tidak ada masalah, dan itu mudah sekali dilakukan, tapi domain yang bermasalah ini adalah custome domain pada blog saya yang menggunakan blogspot.



Awalnya saya sempat kebingungan, tapi setelah saya periksa, ternyata pada blogger, sudah terdapat menu pengaturan Ads.txt, kita hanya perlu mengedit dan memasukkan ID penayang yang sesuai dengan panduan dari Goole Adsense.

Pada kesempatan ini, sasambo design akan membahas bagaimana cara Mengaktifkan Ads.txt Pada Blogger, tapi sebelum itu mungkin perlu saya jelaskan sedikit apa itu ads.txt

 

#Apa Itu Ads.txt?

Authorized Digital Sellers atau Ads.txt merupakan inisiatif IAB untuk membantu memastikan inventaris iklan digital Anda hanya dijual melalui penjual resmi (seperti AdSense) yang telah Anda identifikasi. Membuat file ads.txt Anda sendiri memberi Anda kontrol yang lebih besar terhadap siapa yang diizinkan untuk menjual iklan di situs Anda dan membantu mencegah inventaris palsu ditampilkan kepada pengiklan. (Penjelasan dari Google)

File Ads.txt yang berisi ID Penayang Google adsense yang dipasang di root domain. Tapi rencananya tahun 2018 google juga akan mengizinkan penayang untuk mengupload file ads.txt kedalam sub-domain.

File Ads.txt untuk Google Adsense berisi text dengan format berikut:

google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Text yang berwarna merah adalah ID penayang Anda. Anda bisa melihat ID penayang google adsense anda pada kolom URL pada browser ketika login ke akun Google adsense.

Atau bisa langsung mengklik tombol “Aksi” pada akun google adsense jika mendapatkan error file ads.txt. Anda akan diberikan kode yang harus dimasukkan kedalam File Ads.txt perhatikan gambar di bawah berikut.

Cara Mengaktifkan Ads.txt pada blogger

 

1. Mengaktifkan Ads.txt Pada Blogger

Silahkan login ke blogger.com, Selanjutnya buka menu SETELAN > PREFERENSI PENELUSURAN. Skrol ke bawah sampai pada menu pengaturan Monetasi. Pada pilihan Ads.txt kustom klik menu EDIT, selanjutnya masukkan  ID penayang google adsense Anda sesuai dengan format seperti yang sudah dijelaskan di atas. Perhatikan gambar di bawah berikut.

Cara Mengaktifkan Ads.txt pada blogger

Gambar di atas merupakan contoh cara mengaktifkan Ads.txt pada blogger. Pastikan anda memasukkan ID penayang Google adsense dengan benar. Google membutuhkan waktu 1x24 jam untuk melakukan pengecekan setelah anda mengaktifkan Ads.txt pada situs Anda.



Untuk memeriksa apakah Ads.txt sudah aktif, silahkan akses alamat blog anda dengan formati sebagai berikut.

http://www.nama_domain.com/ads.txt

Jangan lupa untuk mengganti nama_domain dengan nama domain Anda. Jika keluar ID penayang google adsense, Selamat Anda sudah berhasil mengaktifkan Ads.txt pada blogger

 

2. Mengaktifkan Ads.txt Pada WordPress Self Hosting

Untuk mengaktifkan Ads.txt pada wordpress self hosting, Anda harus memiliki akses ke cpanel website. Langkah pertama, siapkan file Ads.txt yang sudah berisi ID penayang sesuai dengan format di atas.

Login ke cpanel website anda, biasanya melalui alamat http://nama_domain.com/cpanel

Setelah berhasil login, Selanjutnya masuk ke direktori dimana website anda terinstal. Untuk domain utama biasanya website terinstal di dalam folder public_html

Upload file Ads.txt kedalam folder public_html, bisa menggunakan program filezila, atau langsung menggunakan menu upload yang ada pada cpanel.

Itu dia tutorial cara mengaktifkan Ads.txt pada blogger dan WordPress self hosting. Jika masih ada yang kurang jelas, jangan sungkan untuk meninggalkan pesan pada kolom komentar. Jangan lupa untuk like fanpage facebook sasambo design untuk mendapatkan informasi menarik dan update terbaru lainnya.

Pin It on Pinterest

Share This