Pada kesempatan ini saya ingin share tulisan Cara Mengatasi Url Website Yang di Blokir facebook. Ini berdasarkan pengalaman saya yang beberapa waktu lalu setelah mendaftarkan sebuah domain baru untuk salah satu blog yang saya memiliki.

Kebiasaan yang saya lakukan, untuk mempromosikan blog baru, saya selalu share postingan blog tersebut ke berbagai grub facebook (Puluhan Group facebook), dan social media lainnya.

Kurang lebih setelah dua hari, saya mendapatkan notifikasi dari facebook, url link dari postingan saya dianggap spam oleh system mereka. Saya pun tidak bisa sama sekali share postingan blog saya pada facebook. Awalnya hanya beberapa postingan saja yang diblokir, tapi setelah bebera lama, facebook akhirnya memblokir semua postingan yang  pernah saya share di facebook, bahkan domain saya.

Facebook Upgrade System Keamanan

Cara Mengatasi Url Website Yang di Blokir facebook

System keamanan facebook sekarang ini memang sudah jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Facebook terus mengupgrade system keamanan mereka dari tahun ketahun. Tentunya itu berdampak baik bagi pengguna facebook, walaupun terkadang terjadi kesalahan deteksi, seperti kasus yang saya alami tersebut.

Barangkali ini juga bentuk antisipasi facebook bagi para pengguna tools share otomatis yang semakin banyak digunakan. Sehingga ketika kita melakukan share tulisan ke banyak group, system facebook mengira kita menggunakan mesin tersebut.

Mengatasi Url Blog yang di Blokir facebook

Setelah mengatahui sebab kenapa kenapa url suatu blog di blokir facebook, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi link yang di blokir tersebut.

1. Laporkan ke Facebook

Anda bisa laporkan link yang di blokir ke pihak facebook dengan memberikan alasan dan  meyakinkan pihak facebook bahwa link url website Anda bukan spam / scam. Banding bisa diterima dan ditolak setelah dilakukan peninjauan ulang oleh pihak facebook.

Silahkan Hubungi facebook melalui link berikut ini : Hubungi Facebook

Mengatasi Url Blog yang di Blokir facebook

Gambar 2. Form laporan pemblokiran link facebook

Perhatikan gambar 2.  di atas. Masukkan link url yang di blokir facebook (semua link blog yang di blokir). Kemudian centang pada pilihan “This is the website i own/promote” pada kolom keterangan, berikan alasan anda untuk meyakinkan facebook bahwa link yang anda bagikan bukan spam. Gunakan bahasa inggris yang sopan tentunya, manfaatkan google translate bagi yang kesulitan menggunakan bahasa inggris.

Agar lebih cepat ditanggapi, minta tolong kepada teman kerabat Anda untuk melaporkannya url website tersebut pada facebook. Semakin banyak yang melaporkan, tentun akan semakin cepat pula ditanggapi. Biasanya akan ditanggapi maksimal 3 hari.

Ini berlaku untuk website yang benar-benar bukan spam. Jika anda meresa website anda memang web spam, lupakan untuk menggunakan cara ini.

2. Mengganti Domain

Ketika link website anda di blokir oleh facebook, tidak serta merta website tersebut masuk dalam blacklist media sosial lainnya, atau dicap buruk oleh mesin pencari. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri, facebook merupakan sumber trafik yang cukup tinggi untuk saat ini.

Mengganti alamat domain merupakan solusi, terutama bagi domain baru yang belum berumur, jika cara pada point satu tidak berhasil. Jika anda tidak terlalu membutuhkan trafik dari facebook, tentu cara ini juga tidak perlu anda terapkan.

Tips Agar Link website tidak di Blokir Facebook

Setelah facebook menerima permohonan Anda, atau bagi siapa saja yang baru memulai, agar lebih berhati-hati ketika share tulisan blognya pada sosial media, terutama facebook. Hati-hati dalam arti tidak melakukan spam menggunakan tools otomatis dan sejenisnya.

Anda tetap bisa menggunakan tools, karna ini akan mempermudah pekerjaan, Anda juga tetap bisa share manual ke puluhan, bahkan ratusan Group facebook, asalkan dengan kesan senatural mungkin, dengan jeda waktu yang normal.

Gunakan link Shortener (Layanan untuk memperpendek ukuran link website) seperti bit.ly atau Goo.gl untuk mngantisipasi jika sewaktu-waktu facebook menganggap postingan Anda Spam.

Demikian tutorial Cara Mengatasi Url Website Yang di Blokir facebook, semoga bermanfaat bagi siapa saja yang sedang berhadapan dengan permasalahan ini. Jangan sungkan untuk meninggalkan pesan anda pada kolom komentar jika ada hal yang kurang jelas, atau ingin mendiskusikan apasaja tentang website.

Terakhir, jika anda menyukai tulisan yang ada di blog sasambo design ini, jangan lupa untuk linke fanpage facebook kami. Sekian dan terimakasih.

About Kiral

Aktif menulis di beberapa blog, tertarik dalam pengembangan SEO konten dan internet marketing. Graphic and Web Designer

Pin It on Pinterest

Share This