Untuk menampilkan video dengan durasai 1-5 detik atau lebih pada halaman website, pertimbangkan untuk menggunakan gambar animasi GIF. Penggunaan animasi GIF untuk menjelaskan beberapa materi postingan website sekarang mulai banyak digunakan, karna selain lebih praktis tanpa harus menggunakan penjelasan text yang panjang lebar, atau menggunakan video yang terkesan tanggung, pembaca juga akan semakin mudah mengerti isi materi tulisan.

Contoh penggunakan animasi GIF bisa anda lihat pada feature image diatas, contoh penggunaan pada postingan blog, pada tulisan berikut ini : Cara Memasang photo instagram pada postingan blog.

Potong Bagian Video yang Ingin Dijadikan GIF

Langkah pertama untuk Merubah Video Menjadi Animasi GIF adalah dengan memotong bagian Video yang ingin dijadikan gambar GIF, gunakan software editing video yang anda kuasai, banyak sekali aplikasi gratis editing video, baik versi Android, Desktop, bahkan versi online.

Untuk versi online anda bisa coba aplikasi Online Video Cutter. Siapkan video yang ingin anda potong, sebaiknya ukuran video jangna terlalu besar, karna anda harus mengopload video anda tersebut.

Setelah bagian dari video yang ingin anda jadikan animasi GIF sudah anda dapatkan, langkah selanjutnya adalah mengkonversi video tersebut menjadi GIF. Aplikasi yang digunakan juga beragam, dari versi android, desktop dan versi online. Pada postingan ini, akan dibahas cara merubah video menjadi animasi gif menggunakan aplikasi online.

Merubah Video Menjadi Animasi Gif dengan Ezzgif

Silahkan upload video anda di  Ezzgif.com Setelah video berhasil diupload, klik tombol convert untuk merubah video menjadi animasi Gif. Tapi sebelumnya, ada beberapa pengaturan dasar pada aplikasi ini yang berlu anda perhatikan, seperti start time dan end time. Pastikan start time dan endtime sudah sesuai dengan durasi video yang anda masukkan, jika durasi video 5 detik maka masukkan angka 0 pada start time dan 5 pada end time,  pada pengaturan tersebut.

Perhatikan gambar dibawah.

Cara merubah video menjadi animasi Gif

Nilai pada start time dan end time sesuaikan dengan durasi video yang anda upload

Selanjutnya, setelah video berhasil dirubah menjadi GIF, anda bisa melakukan pengaturan lain seperti Crop, mengecilkan ukuran file, menambahkan efek dan lain sebagainya. Tekan tombol save untuk menyimpan gambar GIF.

Cara merubah video menjadi animasi gif

Perhatikan gambar diatas, ukuran file GIF hampir 5MB, untuk memperkecil ukuran gambar, anda bisa memanfaatkan fitur Crop, resize, speed, dan Optimize. Menafaatkan fitur-fitur tersebut sampai anda mendapatkan gambar dengan kualitas dan ukuran terbaik. Untuk website, sebaiknya ukuran gambar GIF dibawah 1MB.

Tips tambahan, karna ukuran gambar Gif yang dihasilkan tidak selalu berukuran kecil, sehingga jika diupload ke website, akan menjadi sedikit lambat, Gunakan aplikasi photoshop untuk mengoptimalkan ukuran gambar. Manfaat fitur “save for web” pada photoshop.

Itu dia tutorial cara merubah video menjadi animasi GIF, jika ada yang kurang jelas dan ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk meninggalkan pesan anda pada kolom komentar. Jangan lupa untuk like fanpage facebook sasambodesign, dan dapatkan informasi menarik lainnya seputar website, desain grafis dan berbagai informasi terkini lainnya, terimakasih.

Pin It on Pinterest

Share This