Last updated on Juli 30th, 2017 at 01:33 pm

Install WordPress di Localhost menggunakan XAMPP, sangat membantu mereka, terutama bagi yang baru mulai belajar CMS WordPress, Mempelajari sebuah theme atau plugin, atau bagi mereka yang ingin belajar lebih jauh tentang WordPress.

Menjalankan WordPress pada localhost tidak membutuhkan koneksi internet sama sekali, dan anda bisa menjalankan situs wordpress yang anda bangun layaknya sebuah situs online.

Jika suatu saat Anda menginginkan website yang anda bangun pada komputer anda tersebut online dan bisa diakses oleh semua orang, anda tinggal copy situs lokal tersebut dan pasang pada server global.

Perlu diketahui, website yang anda install di localhost tersebut, hanya bisa diakses oleh anda sendiri, jika anda ingin agar bisa diakses oleh publik, maka anda harus membeli domain dan hosting.

Apa itu XAMPP?

XAMPP adalah aplikasi webserver(Apache) yang terdiri dari, PHP dan MySQL yang bisa anda gunakan di OS Windows, MAC dan Linux untuk menjalankan CMS wordpress pada local Computer.




PHP merupakan bahasa pemrograman untuk website dan MySQL adalah software untuk Database Management. Kedua software tersebut dibutuhkan untuk bisa menjalankan CMS WordPress.

Menginstall software ini secara terpisah akan sangat menyulitkan, terutama bagi para pengguna pemula, untuk itulah XAMPP hadir sebagai solusi untuk menginstall web server pada server local (localhost).

XAMPP benar-benar sangat memudahkan Anda untuk membangun situs wordpress di localhost, dan tersedia dihampir semua system operasi.

Pada kesempatan ini, kita akan membahas bagaimana cara install wordpress di localhost menggunakan XAMPP pada System Operasi windows. Untuk system operasi Linux dan yang lainnya, semoga bisa kita bahas pada kesempatan berikutnya.

Bagaimana Cara Install XAMPP?

Langkah pertama, silahkan download XAMPP. Anda bisa dapatkan pada situs resminya, ikuti link berikut ini XAMPP Website. Klik tombol download untuk mendownload.

Download XAMPP sesuaiĀ  dengan System operasi yang anda gunakan.

Install wordpress menggunakan xampp

Gambar 1. Download xampp sesuai dengan system operasi yang anda gunakan.

Setelah proses download selesai, silahkan anda install XAMPP pada komputer anda. Jalankan installer, dan ikuti instruksi sampai proses instalasi selesai.

Install xampp

Gambar 2. Isntall XAMPP pada system operasi windows

Setelah proses instalasi XAMPP selesai, klik tombol “finish” maka akan tampil jendela control panel. Silahkan klik Tombol “start” pada modul Apache dan MySql. Perhatikan gambar dibawah berikut.

Control panel program xampp

Gambar 3. Klik Tombol start pada module Apache dan MySql untuk menjalan Apache web server pada komputer anda.

Sekarang service XAMPP sudah berjalan dikomputer anda. Akan muncul jendela notifikasi firewall windows untuk memberikan izin akses apache web server. Silahkan klik tombol “Allow access” untuk mengizinkan aplikasi xampp berjalan di komputer anda.

allow access apache dan mysql

Gambar 4. Klik tombol “allow access” untuk memberikan akses pada apache web server dan mysql

Jika tidak ada masalah, akan muncul warna hijau pada apache dan mysql, yang menandakan service sudah berjalan. Jika belum, silahkan anda restart PC anda, dan ulangi langkah start proses apache dan mysql.

Sampai disini, XAMPP sudah siap, dan anda sudah bisa menginstall wordpress pada komputer Anda.

Install WordPress di Localhost

Berikut Cara install wordpress di localhost. Langkah pertama, anda harus mendownload terlebih dahulu CMS WordPress. Silahkan download pada situs resminya di WordPress.org

Setelah proses download selesai, copy file wordpress (ekstensi *.zip) ke folder instalasi XAMPP.

Copy file wordpress ke folder C:\Xampp\htdocs, atau ke lokasi tempat instalasi xampp, jika anda merubah lokasi instalasi xampp saat proses pemasangan aplikasi.




Karna file wordpress masih dalam bentuk *.zip silahkan anda ekstrak terlebih dahulu. Kami rekomendasikan untuk merubah nama folder wordpress (hasil ekstrak) dengan nama yang lain, misalkan “website1” atau nama yang anda inginkan.

Merubah nama folder wordpress xampp

Gambar 5. Rubah nama folder wordpress hasil ekstrak dengan nama yang lain, untuk memudahkan anda mengakses situs wordpress lokalhost tersebut.

Anda bisa membuat lebih dari satu situs wordpress lokal, sehingga kami sarankan untuk merubah nama folder wordpress.

Sekarang buka browser Anda. Silahkan akses wordpress localhost host anda menggunakan alamat “localhost/nama_folder_wordpress

Jika anda merubah nama folder wordpress menggunakan nama “website1” maka akses situs wordpress anda pada browser dengan almat “localhost/website1” Selanjutnya akan muncul halaman instalasi situs wordpress localhost.

Cara install wordpress di localhost

Gambar 6. Persiapkan database sebelum menginstall wordpress pada localhost.

Perhatikan gambar diatas! Anda diminta untuk mempersiapkan Database terlebih dahulu.

Buka tab baru pada browser anda. Anda bisa melakukan management database pada XAMPP dengan mudah menggunakan phpmyadmin. Untuk membuka “phpmyadmin” silahkan akses menggunakan alamat url berikut “localhost/phpmyadmin” pada browser anda.

membuat database wordpress

Gambar 7. Membuat database wordpress menggunakan phpmyadmin

Pada gambar diatas, dibuat database dengan nama “dbwebsite1” klik tombol create untuk membuat database. Database sudah dibuat, selanjutnya kembali ke halaman instalasi wordpress ( Perhatikan gambar 6). Klik tombol “let’s go” untuk memulai instalasi wordpress.

cara install wordpress di localhost

Gambar 8. Masukkan nama database, username, password, database host dan tabel prefix.

Isikan kolom Database name dengan “dbwebsite1” Kolom username dengan “root” kolom password dikosongkan saja. Database host diisi dengan “localhost” dan table prefix diisi dengan “wp_”

Klik Tombol submit untuk melakukan koneksi dengan database. Jika sudah terkoneksi, selanjutnya anda akan diminta untuk mengisikan informasi dasar dari website anda, seperti judul situs, username dan password yang anda akan gunakan untuk login nantinya. Perhatikan gambar di bawah berikut.

Judul sisuts wordpress

Gambar 9. Masukkan judul situs wordpress localhost anda. Tentukan username dan password yang akan digunakan untuk login

Perhatikan Gambar 9. di atas, Isikan informasi yang dibutuhkan, jangan khawatir, anda bisa merubah informasi tersebut kapanpun. Masukkan username dan password yang akan Anda gunakan untuk login ke situs wordpress local Anda.

Terakhir, klik tombol “install wordpress” untuk menginstall wordpress pada komputer anda. Sampai disini proses isntalasi wordpress sudah selesai.




Silahkan login ke situs wordpress anda. Buka tab baru pada browser anda, ketikkan alamat “localhost/website1/wp-admin

Masukkan username dan password yang sudah anda buat sebelumnya, seperti pada Gambar 9.

wordpress login screen

Gambar 10. WordPress login screen

Yang Anda lakukan setelah menginstall wordpress

Setelah anda berhasil menginstall wordpress menggunakan XAMPP pada komputer anda, silahkan anda login, seperti situs wordpress online biasanya. Lakukan proses editing, desain, mengisikan konten dan lain sebagainya.

Itu dia panduan cara install wordpress di localhost menggunakan xampp, jika ada bagian yang masih kurang jelas dan perlu ditanyakan, jangan sungkan untuk meninggalkan pesan anda pada kolom komentar. Terimakasih, Sasambo Design | Jasa Pembuatan Website, wassalam semoga bermanfaat.

Pin It on Pinterest

Share This