Last updated on November 29th, 2016 at 02:07 pm

Post revisi merupakan salah satu dari fitur di wordpress yang memungkinkan kita untuk me-restore atau mengembalikan postingan lama jika kita sudah melakukan perubahan pada Post maupun Halaman. Jika kita sering melakukan update pada sebuah Halaman atau Post pada wordpress, maka perubahan-perubahan baru atau lama akan tetap tersimpan dalam database wordpress. Lambat laun tentu ini berdampak kurang baik pada ukuran database wordpress. Tapi ada cara praktis yang bisa kita lakukan untuk Membatasi jumlah Revisi post pada wordpress agar database tetap langsing dan kinerja wesbsite tetap maksimal.

Membatasi Jumlah Revisi post pada WordPress Menggunakan Plugin

Dalam tulisan akan dibahas bagaimana membatasi revisi post pada wordpress menggunakan Plugin WordPress Revision Control. Terlebih dahulu silahkan download pluginnya di di sini, Wp Revision Control, Install dan aktifkan plugin.

Atau jika anda kesulitan menginstall Plugin dengan cara Manual, install plugin Wp Revision Control Melalui menu Plugin + tambah baru, kemudian pada kotak pencarian ketikkan Wp Revisions Control. Install plugin kemudian aktifkan.

Setelah plugin anda aktifkan, langkah selanjutnya adalah kita akan memasukkan jumlah maksimal revisi post dan halaman yang akan disimpan. Buka menu Pengaturan + Menulis, geser scrol ke bawah sampai terlihat menu pengaturan Wp Revision Control. Kemudian masukkan angka jumlah post revisi maksimal yang anda ijinkan.

Membatasi Jumlah Revisi post pada wprdpress

CARA MENONAKTIFKAN FITUR REVISI POST WORDPRESS

Bagi anda yang terkendala dengan kapasitas memory pada hosting, menonaktifkan fitur revisi post pada wordpress mungkin bisa menjadi keputusan yang tepat, walaupun fitur post revisi ini sebenarnya merupakan salah satu fitur terbaik yang dimiliki wordpress. Copy code dibawah berikut ini, lalu masukkan kode tersebut kedalam file wp-config.php

define('AUTOSAVE_INTERVAL', 300 ); // Autosave setiap 5 Menit
define('WP_POST_REVISIONS', false );

Kode diatas akan mendisable fitur post Revisi pada wordpress anda tapi tidak mendelete post revisi yang sudah tersimpan sebelumnya. Untuk membersihkan post revisi lama yang tersimpan dalam database atau membersihkan seluruh database anda dari file-file yang sudah tidak dibutuhkan, anda bisa menggunakan salah satu plugin wordpress yang sudah dibahas pada postingan sebelumnya, Lihat di sini Cara Membersihkan database WordPress.

Jika tidak ingin menggunakan plugin untuk mendelet post revisi pada wordpress, Anda bisa menambahkan kode berikut pada file wp-config.php

DELETE FROM wp_posts WHERE post_type = "revision";

Jika ada yang masih kurang jelas dan perlu ditanyakan, silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar, saya dengan senang hati akan mendiskusikannya dengna Anda, salam