Last updated on Maret 20th, 2018 at 10:29 pm

Cara Menampilkan Dokumen PDF Pada Postingan WordPress

oleh | Feb 12, 2017 | plugin wordpress, Tutorial Website | 7 Komentar

Bagaimana jika anda ingin menampilkan dokumen word, pdf, excel atau dokumen lainnya pada postingan wordpress yang bisa langsung dibaca oleh pengunjung website anda, bahkan bisa didownload jika anda menginginkannya?. Pada kesempatan ini Sasambo Design akan membahas bagaimana cara menampilkan dokumen pdf pada postingan wordpress.

Untuk menampilkan dokumen pdf pada postingan wordpress atau dokumen lainnya, Anda membutuhkan plugin tambahan. Ada banyak plugin yang bisa digunakan, tapi menurut pengalaman kami plugin Embed Any Document dan Google Doc Embedder merupakan pilihan terbaik yang bisa anda gunakan.

 

Menampilkan pdf Menggunakan Embed Any Document

Plugin ini memiliki rating cukup bagus, dan masih terus dikembangkan oleh pemiliknya. Pada saat saya membuat postingan ini, plugin ini masih kompatibel dengan versi wordpress yang saya gunakan (4.9.4+).

Plugin ini gratis, namun jika anda menggunakan fitur premium, anda bisa langsung menampilkan dokumen (terintegrasi) dari pihak ketiga seperti google drive, dropbox dan box.

Dari dua plugin yang saya review pada postingan ini, saya merekomendasikan anda menggunakan plugin yang satu ini. Jika Anda tertarik menggunakannya, langsung saja install dan aktifkan plugin ini melalui link plugin diatas.

 

#Video Tutorial

Berikut adalah Video tutorial bagaimana menampilkan file PDF pada postingan wordpress Menggunakan plugin Embed Any Documment. Plugin ini masih bekerja dengan baik pada versi terbaru WordPress.

 

Setelah plugin Embed Any Document aktif, maka pada post atau page editor akan terdapat tombol baru disamping tombol “add media” untuk menambahkan dokumen. Tekan tombol “add document” untuk memasukkan dokumen PDF/Word kedalam Postingan Anda. Perhatikan Gambar di bawah.

menambahkan dikumen pdf kedalam postingan

Selanjutnya akan muncul pilihan, apakah anda ingin upload dokumen dari komputer, atau melalui link eksternal. Silahkan pilih upload jika anda ingin memngunggah file dari komputer Anda.

Langkath selanjutnya, Anda diminta untuk memasukkan beberapa pengaturan dasar, seperti lebar dan tinggi tampilan dokumen pada post, biasanya saya menggunakan untuk lebar (width) 100% dan untuk tinggi (height) 900px.

Terdapat juga pilihan, apakah Anda mengizinkan dokumen untuk di download atau tidak. Sebenarnya ada tiga pilihan, pertama No Download, For All user, dan login user.

Pengaturan terakhir adalah “viewer” yang digunakan. Jika Anda upload file word (.docx) anda sebaiknya menggunakan viewer Microsoft Office Online, dan jika anda mengupload file .PDF menggunakan Google Docs Viewer.

menambahkan dikumen pdf kedalam postingan

Pengaturan dasar plugin embed any document

¬†Tekan tombol “insert” untuk memasukkan dokumen kedalam postingan atau halaman di situs wordpress Anda. TIPS sebelum anda mengupload sebuah dokumen untuk terlebih dahulu melakukan kompress pada dokumen tersebut agar ukurannya tidak terlalu besar. Karna jika ukuran dikumen terlampau besar, misalkan di atas 1 MB, maka dokumen menjad lambat di load oleh plugin.

 

Menampilkan pdf Menggunakan Plugin Google Doc. Embeder

Plugin ke-2 yang bisa anda gunakan untuk menampilkan dokumen PDF pada postingan wordpress adalah Google Doc Embedder. Plugin ini sudah lama tidak diperbaharui, sehingga fitur GUI tidak lagi bekerja dengan baik pada plugin ini.

Berikut ini adalah contoh file PDF yang ditampilkan menggunakan plugin Google Doc Embeder.

Download (PDF, 97KB)



Silahkan anda install dan aktifkan plugin Google Doc Embedder terlebih dahulu. Setelah plugin aktif, akan muncul ikon Google Doc Embedder pada halaman post editor wordpress anda. Perhatikan gambar dibawah berikut.

Cara menampilkan dokumen word pada postingan wordpress

Gambar 1. Icon Google Doc Embedder muncul setelah plugin terintall dan diaktifkan

Untuk bisa menampilkan sebuah dokumen pdf pada postingan wordpress Anda, terlebih dahulu anda harus mengupload file Anda tersebut. File bisa diupload diluar website anda, atau bisa juga anda upload langsung pada media penyimpanan situs wordpress yang anda miliki.

Untuk media sperti dokumen pdf, word, dan lain sejenisnya, kami rasa tidak ada masalah jika anda upload pada media penyimpanan situs wordpress anda. Tapi untuk media yang berukuran lebih besar seperti VIDEO sebaiknya anda menggunakan layanan dari pihak ketiga.

Upload dokumen kedalam situs wordpress anda, caranya persis seperti ketika anda mengupload gambar. Selanjutnya klik untuk select dokumen tersebut, copy link dokumennya, kemudian tutup jendela dialog dengan klik tanda x pada pojok kanan atas. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah berikut.

upload dokumen ke media galery

Gambar 2. Upload dokumen ke dalam media galery wordpress

Perhatikan Gambar 2. diatas. Klik pada dokumen yang sudah anda upload. Kemudian klik dua kali pada link dokumen yang ada pada kolom url sebelam kanan, copy link url dokumen tersebut.

Langkah selanjutnya, buatlah sebuah post atau halaman baru. Setelah halaman post editor terbuka, klik pada icon Google Doc Embedder, seperti yang terlihat pada Gambar 1. Maka akan muncul jendela pengaturan dokumen. Perhatikan gambar dibawah brikut untuk lebih jelasnya.

Cara MEnampilkan dokumen pdf pada postingan wordpress

Gambar 3. Memasukkan dokumen pada postingan menggnakan Google doc Embedder

Perhatikan gambar 3. di atas. Pada kolom “url or filename” isikan dengan url dokumen yang sudah anda copy sebelumnya. Pada pilihan “Profile” dibiarkan default saja, untuk pengaturan tinggi dan lebar isikan sesuai keinginan anda, disarankan, untuk lebar (width) isikan nilai 100%, dan untuk tinggi (height) isikan 900px.

JIka anda ingin dokumen tersebut bisa didownload (akan muncul link download dibawah dokumen), pada pilihan “show download link” centang pilihan “yes“.



Klik tombol “insert” untuk memasukkan dokumen tersebut kedalam postingan anda.

Sekarang dokumen yang anda upload sudah siap tampil pada postingan wordpress anda. Klik tombol “preview” untuk melihat pratinjau postingan Anda, dan jika dirasa sudah cukup, klik publish untuk menerbitkan postingan atau halaman yang berisi dokumen tersebut.

Jika masih ada yang kurang jelas pada postingan cara menampilkan dokumen pdf pada postingan wordpress ini, silahkan tinggalkan pesan anda kolom komentar. Atau jika ada pertanyaan lain seputar wordpress, jangan pernah sungkan untuk melayangkan pertanyaan. Kami akan dengan senang hati akan mendiskusikannya dengan Anda. terimakasih.

 

Update

Pada wordpress versi terbaru, versi GUI dari plugin pada beberapa user ini tidak berfungsi dengan baik, sehingga banyak yang mengeluhkan seperti tombol insert yang tidak berfungsi lagi. Tapi plugin masih masih tetap bisa digunakan jika menggunakan Script SEDERHANA berikut:

DOWNLOAD

Pastikan plugin telah terinstall, Upload dokumen terlebih dahulu ke library wordpress, selanjutnya jika tombol insert tidak berfungsi, maka Ganti Url dokumen word atau pdf menggunakan url dari file, maka hasilnya bisa dilihat pada contoh di atas.

 

Pin It on Pinterest

Share This