Google saat ini telah menjelma menjadi perusahaan terbesar dalam bidang teknologi maupun informasi. Dengan berbagai macam layanan yang dimiliknya seperti, Gmail, Blogger, Google Plus, Google Drive dan masih banyak lagi. Google memberlakukan satu akun untuk semua layanan, yang berarti jika Anda memiliki sebuah akun Google maka secara otomatis, Anda akan bisa mengakses semua fitur unggulan yang dimiliki oleh Google.

Kemudahan yang ditawarkan oleh Google tersebut, menjadikannya sebagai penyedia layanan yang paling banyak digunakan saat ini.

Karna semua layanan Google bisa diakses oleh satu akun saja, maka akan menjadi fatal jika akun Google tersebut dicuri oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab (hacker). Memang system kemanan yang dimiliki oleh Google tidak bisa diragukan lagi, akan tetapi banyak celah yang masih bisa dimanfaatkan oleh hacker untuk membobol sebuah akun Google.

Mengaktifkan 2 lapis keamanan pada suatu akun Google, merupakan langkah yang harus dilakukan, terutama bagi Anda yang akun Googlenya digunakan untuk keperluan Bisnis atau keperluan penting lainnya.

Prinsip kerja dari 2 langkah autentikasi keamanan akun Google ini adalah, Ketika Anda login pada sebuah browser atau perangkat baru, maka Google secara otomatis akan mengirimkan kode atau notifikasi ke HP anda. Kode yang dikirimkan ini, akan digunakan untuk memferifikasi, guna memastikan bahwa yang login menggunakan username dan password Anda adalah Anda sendiri.

Berikut adalah Video tutorial cara Mengaktifkan Keamanan 2 Lapis pada Akun Google Anda.

Tutorial Video

Demikian, jika ada yang masih kurang jelas dan perlu ditanyakan tentang materi pada postingan ini, atau materi lain seputar website, jangan sungkan untuk meninggalkan pesan Anda pada kolom komentar. Jika anda suka tutorial, tips dan trik dari blog Sasambo Design ini, jangan lupa untuk subscribe dan like fanpage facebook kami. Terimakasih.

Update :

Google telah melakukan update sehingga sekarang Anda bisa memilih 2 jenis notifikasi. Pertama dengan mengirimkan kode melalui SMS, dan yang kedua adalah notifikasi berupa tombol pada perangkat mobile android, sehingga akan sangat memudahkan untuk menkonfirmasi login, hanya dengan menekan tombol tanpa harus memasukkan kode manual yang dikirimkan.

Pin It on Pinterest

Share This