Last updated on Maret 7th, 2018 at 05:46 pm

Seiring berkembangnya dan populernya sebuah situs website, ancaman keamanan bagi situs tersebut juga akan ikut semakin besar. Mengaktifkan keamanan 2 lapis pada WordPress login merupakan salah satu cara untuk memperkuat sistem keamanan pada situs website anda.

Dengan kemanan 2 lapis, meskipun username dan password anda berhasil didapatkan oleh si pencuri, akan tetapi masih belum bisa digunakan untuk login, karna harus memasukkan kode keamanan kedua yang dikirim ke perangkat mobile, atau email anda.

Selalu gunakan kombinasi password yang kuat untuk situs website anda, theme, plugin dan wordpress core harus anda update secara rutin agar terhindar dari serangan hacker jahat. Hindari menggunakan plugin dan theme bajakan, karna banyak sekali kasus website yang kena hack karena menggunakan theme dan plugin null (bajakan).



Tulisan terkait Keamanan WordPress.

  1. Upgrade System Keamanan WordPress Anda
  2. Cara Ampuh tangkal Brute Force

Keamanan 2 Lapis Pada WordPress

Untuk mengaktifkan keamanan 2 lapis pada wordpress login, pada tutorial ini akan digunakan plugin two factor. Plugin ini memiliki rating cukup bagus dan masih terus diupdate oleh pengembangnya.

Langkah-langkah mengaktifkan keamanan 2 lapis pada wordpress

  • Install dan aktifkan plugin Two Factor pada situs wordpress Anda.
  • Install Aplikasi Google Authenticator di Android, Untuk IOS buka melalui link berikut, IOS Google Authenticator
  • Buka menu profile pada wordpress, dan pilih pengaturan profile anda. Scroll ke bawah sampai pada “Two-Factor Options“. Klik Link “view Options” pada menu “Time Based One-Time Password (Google Authenticator)” maka akan muncul Barcode dan Provided key untuk mengkoneksikan dengan aplikasi “Google authenticator” pada perangkat mobile.
  • Buka Aplikasi “Google Authenticator” pada perangkat mobile anda. Anda diberikan dua pilihan untuk mengaktifkan keamanan 2 lapis pada wordpress, yakni dengan scan barcode atau dengan memasukkan secara manual provided key, silahkan pilih salah satunya.
  • Sebelum anda mendapatkan “authentication code” anda terlebih dahulu akan diminta untuk memasukkan nama untuk memudahkan ketika anda menambahkan lebih dari satu situs wordpress. Silahkan masukkan sesuai¬† nama website untuk memudahkan.
  • Setelah anda berhasil scan barcode atau entry provided key, anda akan mendapatkan “authentication code
  • Kembali kehalaman pengaturan profile pada situs wordpress Anda. Masukkan¬†“authentication code” yang anda dapatkan dari aplikasi “Google authenticator” pada kolom masukan “Authentication Code
  • Klik tombol save setting pada profile wordpress Anda. Jika tidak ada error maka aplikasi berhasil terkoneksi.
  • Langkah terakhir, centang pada pilihan “Enabled” dan “Primary” untuk mengaktifkan keamanan 2 lapis pada profile wordpress.

Selain menggunakan Aplikasi Google Authenticator, plugin two factor ini juga memberikan beberapa fitur pilihan yang bisa anda gunakan, diantaranya adalah:

  • Email
    Authentication codes will be sent to moeradqrad@gmail.com.
  • FIDO Universal 2nd Factor (U2F)
    Requires an HTTPS connection. Configure your security keys in the “Security Keys” section below.
  • Backup Verification Codes (Single Use)
    Generate Verification Codes 0 unused codes remaining.
  • Dummy Method

Itulah tutorial cara mengaktifkan keamanan 2 lapis pada wordpress login untuk mempertebal sistem keamanan pada website Anda. Jika ada yang masih kurang jelas dan ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan pesan anda pada kolom komentar, atau bisa bertanya langsung dengan mengirimkan email kepada saya. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Pin It on Pinterest

Share This