Error bisa terjadi ketika proses instalasi plugin atau theme sedang berjalan pada situs wordpress Anda. Dan jika error ini terjadi, maka situs website anda otomatis tidak bisa diakses, hanya ada halaman background putih dengan text “Briefly Unavailable for Scheduled Maintenance“. Mengatasi error Briefly Unavailable for Scheduled Maintenance pada wordpress sebenarnya sangat sederhana, pada tulisan ini sasambo design akan memberikan solusinya kepada Anda.

Sebelum proses instalasi plugin atau theme dimulai, wordpress terlebih dahulu akan mengaktifkan mode perawatan (maintenance). Dan jika Instalasi plugin gagal, WordPress tidak akan menonaktifkan mode perawatan tersebut, sehingga ketika seorang pengunjung membuka situs wordpress anda, maka akan tampil laporan bahwa website dalam masa perawatan, bahkan anda sendiri tidak akan bisa mengakses halaman admin situs wordpress anda.

Mungkin anda juga tertarik membaca tulisan berikut : Cara redirect halaman error pada wordpress

Apa yang harus anda lakukan untuk mengatasi error Briefly Unavailable for Scheduled Maintenance yang bisa dibilang sangat fatal ini?

Bagi anda yang tidak memiliki akses ke control panel web hosting anda, sebaiknya segera menghubungi pihak yang memiliki akses ke control panel web hosting situs wordpress anda. Jangan tunggu sampai nanti, apalagi besok, atau anda akan kehilangan banyak pengunjung website.

Bagi anda yang memiliki akses ke control panel web hosting situs wordpress anda, anda membutuhkan waktu tidak lebih dari 5 menit untuk mengatasi masalah ini.

Silahkan login ke control panel web hosting situs wordpress anda menggunakan link seperti dibawah berikut :

www.namadomain.com/cpanel atau cpanel.namadomain.com

Ganti text yang berwarna merah dengan nama domain situs wordpress anda. Masukkan username dan password untuk login.

Selanjutnya, setelah anda masuk ke halaman cpanel (control panel), klik “File manager” untuk masuk ke folder situs anda. Selanjutnya pada folder menu sebelah kiri, klik folder “public_html“.

Baca juga tulisan cara mengatasi error 403 forbidden wordpress.

Setelah anda masuk pada folder “public_html” anda harus menampilkan semua file, termasuk file yang disembunyikan, caranya pada pojok kanan atas, tekan tombol “setting” untuk membuka pengaturan folder. Perhatikan gambar dibawah untuk lebih jelasnya.

show hidden file pada cpanel.

Gambar 2. Pengaturan Folder pada cpanel. Centang pada pilihan “show hidden files(dotfiles)”

Selanjutnya centang pada pilihan “Show Hidden files (dotfiles)” untuk menampilkan file tersembunyi. File tersembunyi pada wordpress biasa diawali dengan “dot” / titik.

contoh file tersembunyi : .htaccess

Langkah berikutnya, cari file dengan nama .maintenance

File .maintenance merupakan file yang secara otomatis akan dibuat ketika proses maintenance/perawatan diaktfikan.

Delete file tersebut.

Selamat !!! sekarang situs wordpress anda sudah bisa diakses. Login ke helaman admin wordpress, ulangi proses update plugin atau theme sampai sukses.

Selamat mencoba. Jika masih ada yang kurang jelas pada pembahasan cara mengatasi error Briefly Unavailable for Scheduled Maintenance pada wordpress, silahkan tinggalkan pesan anda pada kolom komentar. Terimakasih

Pin It on Pinterest

Share This