Pneggunaan gambar pada beberapa jenis website terkadang menjadi sebuah keharusan. Postingan yang disertai gambar juga memiliki banyak kelebihan terutama dari segi SEO. Tapi gambar memiliki pengaruh yang sangat besar pada kecepatan loading website. Pada postingan Optimalkan Gambar otomatis dengan Wp Smush ini, akan dibahas bagaimana menyelesaikn permasalahan ini.

Gambar dibawah berikut merupakan contoh laporan website pada Page Speed Test yang gambarnya telah dioptimalkan menggunakan plugin Wp Smush.

page speed test

Pada tool page speed tester seperti Page Speed Insight miliknya google, GTMETRIX dan Pingdon, gambar merupakan prioritas tinggi yang mempengaruhi kecepatan loading website. Website yang telah melakukan optimalisasi pada gambar, biasanya akan mendapatkan lampu hijau dari Tool Page speed test tersebut.

Plugin WordPress WP SMUSH Mengoptimalkan Gambar Otomatis

Jika anda menggunakan WordPress, terdapat plugin Wp Smush yang akan sangat membantu pekerjaan anda untuk mengoptimalkan gambar untuk mempercepat loading website anda. Plugin Wp Smush akan mengoptimakan gambar secara otomatis ketika anda mengopload gambar ke galery, sementara untuk gambar yang belum dioptimalkan, seperti gambar yang anda upload sebelum menginstall wp smuh, harus anda optimlkan secara manual dengan mengklik tombol smush it pada masing-masing gambar.

Wp Smush mampu mengoptimalkan ukuran gambar dari 1-20 %, untuk itu anda tetep diharuskan untuk mengoptimlkan ukuran dan kualitas gambar sebelum anda upload dengan wosftware editor gambar seperti Photoshop, Core draw, atau dengan tool sederhana seperti Photo Paint windows.

Lihat juga postingan 6 langkah optimalkan gambar agar seo friednly.

Besar gambar usahakan dibawah 100 KB atau palaing bagus dibawah 50 Kb sebelum anda upload dan dengan plugin wp smush terinstall di website anda, maka keceptan loading website akan maksimal.

Untuk ukuran panjang dan lebar gambar disesuaikan dengan template yang anda gunakan, yang perlu menjadi catatan pada ukuran panjang dan lebar gambar adalah, selalu hindari men-scale gambar pada halaman website anda. Jadi ketika anda memasukkan gambar ke dalam postingan atau halaman lain pada website anda (semua gambar termasuk logo website) anda harus menggunakan ukuran original dari gambar, jangan mengecilkan atau membesarkan ukuran gambar tersebut.

Karna jika hal tersebut anda lakukan, maka akan sangat menciderai kecepatan loading dari website anda. Perhatikan gambar dibawag berikut, Scale gambar menjadi faktor yang sangat dominan mengurangi kecepatan loading website.

otimalkan gambar otomatis dengan wp smush

Gambar diatas adalah hasil laporan dari GTMETRIX, bisa anda perhatikan gambar diatas adalah gambar yang ditampilkan pada halaman website yang tidak sama dengan ukuran gambar aslinya, atau telah di resize oleh HTML dan css. GTMETRIX memberikan prioritas yang tinggi yang mempengaruhi kecepatan loading website.

Install Plugin Wp Smush

Wp Smush merupakan salah satu plugin populer di wordpress dengan pengguna aktif sekitar 600.000 lebih pengguna. Silah masuk ke dashboard wordpress, pada menu plugin pilih tambah baru. Pada kotak pencarian ketikkan Wp Smush, klik install dan aktifkan plugin.

Setelah plugin terinstall, gambar yang diupload secara otomatis akan dioptimalkan. Untuk mengoptimalkan gambar yang belum, silahkan buka menu Media + Pustaka.

Aktifkan mode list, kemudian klik tombol “smush now!” untuk mengoptimalkan gambar. Perhatikan gambar dibawah berikut.

optimalkan gambar dengan wp smush

Pastikan anda mengoptimalkan semua gambar pada galery wordpres anda. Kemudian lakukan pengecekan pada Page speed tool, dan lihat perubahan yang terjadi, semoga website anda mendapatkan lampu hijau.

Jika ada yang masih kurang jelas dan perlu ditanyakan pada postingan Optimalkan gambar otomatis dengan wp smush ini silahkan tinggalkan pesan anda kolom komentar. Terimakasih

 

Pin It on Pinterest

Share This