Last updated on Maret 15th, 2018 at 10:44 am

Saat ini penyedia layanan Hosting rata-rata sudah menyediakan SSL gratis untuk para pelanggannya, walaupun mereka juga tetap menawarkan SSL berbayar dengan berbagai kelebihannya. Pada kesempatan ini, sasambo design akan membahas apa Perbedaan SSL Gratis dan SSL Berbayar, semoga nantinya bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum anda memutuskan untuk menggunakan free ssl atau paid ssl.

Website sasambo design sendiri, sudah satu tahun lebih menggunakan free ssl Lets Encrypt, sejauh ini memang belum ada keluhan, walaupun nanti saya juga ada rencana untuk upgrade menggunakan SSL berbayar.

SSL memang mulai populer akhir-akhir ini, sejak raksasa Search engine Google tahun 2014 silam mengumumkan bahwa penggunakan SSL bisa mengangkat ranking suatu website di halaman hasil pencarian dan berbagai kelebihan lainnya. Mungkin ada yang belum tahu, apa kelebihan dan kekurangan menggunakan SSL pada website, pernah saya bahas pada postingan sebelumnya di: Kelebihan dan kekurangan HTTPS

 

Free SSL Vs Paid SSL

Segala hal yang GRATIS seringkali berkualitas gratisan, walaupun menjadi naif jika kita menganggap semuanya demikian. Ada banyak sekali layanan gratisan tapi dengan kualitas setingkat profesional, Contohnya puluhan layanan gratis dari Google, Sistem Operasi Gratis Linux, dan lain sebagainya.



Berikut adalah Perbedaan SSL Gratis dan SSL Berbayar:

  • Kompabilitas Browser: SSL Gratis biasanya tidak disupport oleh versi browser jadul dan beberapa browser tidak populer lainnya, sementara SSL BERBAYAR memiliki kompabilitas browser yang tinggi, diatas 99%
  • Masa Berlaku: Free SSL memiliki masa berlaku selama 90 Hari, walaupun bisa diperpanjang secara otomatis melalui cpanel. Paid SSL memiliki¬† masa berlaku minimal 1 Tahun
  • Penerbitan SSL: SSL Gratis membutuhkan waktu untuk diterapkan ke domain setelah diaktifkan, sementara untuk SSL berbayar protokol https langsung aktif.
  • Asuransi: Versi Gratis tidak memiliki asuransi, sehingga ketika terjadi kebocoran data atau bug tidak ada jaminan ganti rugi. Sementara versi berbayar terdapat asuransi.

 

Sebagai Tambahan, untuk SSL Berbayar juga memiliki tipe-tipe yang berbeda. Setidaknya ada 3 tipe ssl yaitu Domain Validation SSL, Business Validation SSL, dan Extended Validation SSL.

 

Validation SSL

Tipe ini yang barangkali bisa di bandingkan dengan Versi SSL Gratis. Tipe ini hanya memerlukan validasi via email dan selang beberapa menit SSL bisa langsung digunakan. Cocok digunakan untuk blog dan website yang tidak terlalu membutuhkan keamanan data yang tinggi

Business Validation SSL

SSL ini biasanya digunakan oleh organisasi atau perusahaan. Untuk validasi domain membutuhkan beberapa dokumen sebagai persyaratan.

Extended Validation SSL

Ini merupakan tipe SSL yang paling mahal, biasa digunakan oleh perusahaan yang membutuhkan tingkat keamanan data yang tinggi seperti Perbankan, situs ecommerce dan perusahaan besar lainnya.

Pin It on Pinterest

Share This