Optimasi SEO On Page merupakan cara yang paling utama untuk meningkatkan rangking pada halaman hasil pencarian. Teknik ini adalah dengan mengoptimalkan SEO dalam suatu website/halaman website sesuai dengan standar terbaru yang diterapkan oleh mesin pencari.

Dikenal juga istilah SEO Off page, yakni kebalikan dari SEO On Page. Teknik ini dengan mengoptimalkan faktor-faktor eksternel untuk meningkatkan trafik kunjungan. Salah satu teknik utama seo Off page adalah dengan mengoptimalkan backlink berkualitas ke website.

Tulisan ini merupakan kelanjutan dari tulisan sebelumnya yakni : Panduan menulis artikel seo friendly. Bagi Anda yang belum membaca tulisan tersebut, saya sarankan untuk membacanya terlebih dahulu.

Jika kita mengamati perkembangan algoritma dari mesin pencari untuk menentukan standar SEO suatu halaman, terlihat bahwa, mesin pencari lebih mengutamakan artikel yang berkualitas, dan di baca oleh pencari informasi.

Dengan kata lain, biarpun suatu artikel sudah menerapakan poin-poin SEO on page, yang sudah kita bahas pada tulisan sebelumnya, tapi halaman tersebut memiliki nilai bounce rate (Pentalan yang tinggi) maka secara lambat laun tulisan tersebut akan tersingkir dari halaman hasil pencarian.

Tinggi rendahnya nilai pentalan ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor :

  1. Informasi yang tidak sesuai.
  2. Materi kurang lengkap.
  3. Bahasa penyampaian yang kurang menarik.
  4. Terlalu banyak Popup dan Iklan
  5. Loading halaman terlalu lama

Blog sasambo Design memiliki bounce rate yang cukup ramping, berkisar pada angka dibawah 5% dengan durasi rata-rata berkisar diangka 1-5 menit.

Nilai bounce rate yang kecil dan durasi rata-rata kunjungan yang bagus, ini menandakan bahwa SEO On page pada halaman website tersebut bisa dikatan berhasil. Sehingga halaman website tersebut memiliki peluang untuk menempati posisi pertama pada halaman hasil pencarian.

Ranking pada halaman hasil pencarian pada dasarnya dipengaruhi oleh beberapa 3 faktor utama, yakni :

  1. SEO On Page
  2. SEO Off Page, dan
  3. Kompetitor

Jika anda sudah mengoptimalkan SEO on page, akan tetapi belum bisa mendapatkan rangking yang bagus, maka anda perlu menerapkan langkah selanjutnya yakni SEO Off page. Jika Seo onpage dan offpage sudah optimal, tapi masih belum bisa mendapatkan rangking yang bagus, berarti anda memiliki kompetitor yang kuat.

Untuk bisa menggeser kompetitor, berarti anda harus mengoptimalkan lagi point 1 dan 2, sampai bisa malampaui kompetitor Anda.

Tips Optimasi SEO On Page

Untuk menjadi catatan, standar SEO pada halaman website memang dibutuhkan, akan tetapi jangan sampai hal tersebut menyebabkan penyampaian materi pada halaman tersebut menjadi tidak menarik.

Optimalkan Jumlah Kata

Salah satu cara mengoptimalkan seo pada halaman website adalah dengan mengoptimalkan jumlah kata, sebanyak mungkin, tentunya dengan tidak dipaksakan.

Memang terdapat banyak sekali kompetitor dalam semua tema tulisan, akan tetapi yang menulis lebih dari 500 kata, tidaklah banyak, yang menulis lebih dari 1000 kata, lebih sedikit lagi, dan yang menulis lebih dari 1500 kata hanya beberapa saja.

Dengan memiliki jumlah kata yang banyak, postingan Anda memiliki peluang yang besar untuk memenangkan kompetisi pada halaman hasil pencarian. Tentu harus dibarengi dengan cara penyampaian yang baik dan menarik, tidak ada unsur pemaksaan pada kalimat.

Menambahkan Video Tutorial

Menambahkan materi berupa Video tentu akan menjadikan tulisan semakin lengkap. Akan menambah minat pembaca untuk mengikuti blog atau website Anda. Video pada tulisan juga menjadi nilai lebih tulisan tersebut pada mesin pencari.

Hindari mengupload video pada server website Anda. Gunakan pihak ketiga seperti youtube untuk menangani konten video pada website. Youtube juga bisa untuk mengoptimalkan seo off page, menjadi sumber trafik ke website dengan menyertakan link ke website pada deskripsi video.

Serial tulisan SEO ini akan terus berlanjut, jadi tetap kunjungi blog sasambo design. Jika ada yang masih kurang jelas dan perlu ditanyakan, jangan sungkan untuk meninggalkan pesan Anda pada kolom komentar, terimakasih.

Pin It on Pinterest

Share This