Tutorial WordPress Cara Posting Artikel, merupakan tutorial dasar bagi Anda yang baru mulai menggunakan WordPress. Pada tulisan ini akan dibahas beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan ketika membuat sebuah postingan pada wordpress diantaranya, Cara Membuat Postingan, Cara Memasukkan gambar, Cara memasukkan video dan beberapa fitur penting pada post editor.

Cara Memposting Artikel Pada WordPress

Jika anda sudah terbiasa menggunakan Word Processor seperti MS Word atau Libre Office, anda tidak akan mengalami kesulitan ketika menggunakan post editor pada WordPress. Untuk mulai membuat sebuah Post baru pada wordpress, silahkan login terlebih dahulu ke situs wordpress Anda, selanjutnya setelah masuk ke halaman dashboard WordPress, pada menu sebelah kiri, klik Post + Add New.

Anda akan masuk ke halaman post editor wordpress. Ada dua mode editor yang bisa anda gunakan yakni mode Visual dan Texts.

Mode visual adalah mode untuk membuat postingan WordPress dengan tidak menampilkan kode html asli dari postingan yang dibuat. Sebagai contoh, jika anda ingin memberi bold pada sebuah text, anda cukup dengan select pata text yang ingin di bold, selanjutnya clik icon Bold atau ctrl+b pada keyboard, maka text otomatis tampil lebih tebal (bold). Namun jika anda mengaktifkan mode Texts, maka ketika anda clik icon bold atau ctrl+b pada keyboar, maka akan tampil code html pada text yang di bold.

Bagi anda yang tidak terbiasa dengan coding, sebaiknya menggunakan mode visual ketika hendak membuat sebuah post, kecuali untuk beberapa keperluan yang mengharuskan untuk mengaktifkan mode text, misalkan saat anda ingin menjalankan sebuah script kode pada post.

Menulis pada buku dengan menulis pada halaman website memang tidaklah jauh berbeda, tapi yang perlu menjadi perhatian adalah, sifat pembaca buku dengan para pembaca artikel diinternet sangatlah berbeda. Pembaca buku, biasanya akan membaca buku dengan santai dan pelan, membaca setiap paragraf lembar perlembar. Sedangkan menurut studi yang pernah dilakukan, pembaca berita atau atau artikel dinternet, membaca suatu berita atau tulisan dengan cara lompat-lompat dan acak.

Sehingga jika ingin menyajikan sebuah informasi/berita/artikel melalui halaman website, ada beberapa ketentuan yang perlu dipertimbangkan :

  • Informasi sebisa mungkin singkat padat dan Jelas. Membuat sebuah tulisan panjang (lebih dari 300 kata) memang disukai oleh mesin pencari, akan tetapi hindari untuk memaksakan sebuah tulisan panjang, jika informasi yang ingin disampaikan adalah informasi sederhana.
  • Paragraf jangan terlalu panjang. Pisahkan kutaipan-kutipan penting dan menarik kedalam satu paragraf berbeda, hindari menggunakan paragraf yang terlalu panjang.
  • Gunakan Subheading, Blockquote, bullet & numbering. Agar tulisan menjadi lebih menarik dan alurnya mudah difahami pembaca, usahakan untuk selalu menggunakan Subheading, bullet & numbering atau dengan mengaktifkan blockquote pada kutipan-kutipan penting dan menarik pada tulisan.

Fitur Umum pada halaman Post Editor WordPress.

Halaman editor wordpress memilliki fitur standar, dan beberapa fitur tambahan lain jika menggunakan thema wordpress tertentu, karna biasanya, thema wordpress membawa fitur-fitur extra lainnya.

tutorial dasar wordpress cara post artikel

Gambar 2. Fitur standar pada halaman post editor wordpress

Perhatikan gambar 2. diatas. Point nomor 1 merupakan tempat mengisikan judul dari tulisan, nomor 2 adalah tombol untuk memasukkan media (Doc, Gambar dan Video) ke dalam tulisan. Nomor 3 dan 4 merupakan mode editor (Visual dan Text) yang kita singgung pada penjelasan sebelumnya.

Nomor 5 merupakan tombol untuk menyimpan tulisan sebelum diterbitkan, nomor 6 untuk pratinjau, melihat tampilan tulisan pada halaman website. Point nomor 7 untuk pengaturan penjadwalan, dengan fitur ini, post bisa dijadwalkan waktu terbit, dan nomor 8 merupakan tombol untuk menerbitkan tulisan.

Fitur-fitur lain seperti Bold, Italic, bullet, numbering, link, spesial character penggunaan persis sama dengan program word processor populer seperti Ms. Office dan Libre Office.

tutorial dasar wordpress cara posting artikel

Gmbar 3. Katagory, Tag dan Featured Image

Jangan lupa untuk membuat katagory untuk mengelompokkan tulisan sesuai dengan katagory tertentu, klik tombol tambah katagory baru untuk menambahkan katagory saesuai dengan tema tulisan yang anda buat. TAG fungsinya sama dengan penggunaan tag pada sosial media. Gambar unggulan (Featured image) merupakan gambar yang muncul pada awal postingan, gambar thumbnail postingan pada halaman blog.

Menampilkan Fitur tambahan melalui Opsi Layar.

Ada beberapa fitur yang tidak ditampilkan secara default pada halaman post editor wordpress, seperti fitur diskusi untuk perizinan komentar, Penulis (author) dan lain-lain. Untuk mengakses Opsi layar, silahkan klik tombol pada pojok kanan atas, tapi pastikan terlebih dahulu, anda sudah scroll halaman post editor ke atas.

Tutorial wordpress cara posting tulisan

Menambahkan Gambar, Dokumen dan Video

Untuk nembahkan gambar dan Video ke dalam postingan, menggunakan tombol “tambahkan media” seperti yang terlihat pada gambar 2. Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika menambahkan Gambar dan Video pada postingan adalah, untuk gambar usahkan ukuran gambar jangant terlalu besar, dibawah 100KB dengan panjang dan lebar ideal 900px kali 600px.

Hindari mengupload video langsung, sebaiknya upload video terlebih dahulu di Youtube, baru kemudian pasang link video pada blog. Berikut tutorial video cara pasang video youtube pada postingan WordPress.

Video Tutorial Cara Memasukkan Video ke dalam Postingan

Tutorial memasukkan dokumen (pdf, Word, dll) bisa anda lihat pada postingan berikut ini : Cara Menampilkan Dokumen pdf pada wordpress.

Demikian Tutorial WordPress Cara Posting Artikel, jika ada yang masih kurang jelas dan ingin ditanyakan seputar postingan ini, atau hal lainnya, jangan sungkan untuk meninggalkan pesan anda pada kolom komentar. Terimakasih

 

About Kiral

Aktif menulis di beberapa blog, tertarik dalam pengembangan SEO konten dan internet marketing. Graphic and Web Designer

Share This